Friday, 26 August 2011

My D-4 (Student) Korea Visa is out !

Firstly, here's a picture with my D-4 visa !Hahaha...
It is my first visa... Never been to any country where needs me to apply visa.

My D-4 visa which is out on August 22, 2011 !
Since my nationality is Indonesia, so i'll explain my process of visa aplication in Bahasa Indonesia so hopefully it can be a useful information for others from Indonesia like me .. ^^

Setelah diterima oleh SNU dan sedang menunggu Certificate of Admission dari SNU, siapkanlah dokumen yang lain dulu ya. Kalau sudah datang, ayo cek sudah lengkap belum dokumennya?

Visa yang saya mohon adalah Visa Student (D-4) Single Entry yang berlaku untuk 6 bulan.

Berikut adalah daftar dokumen yang saya siapkan:

- Formulir Aplikasi Visa : download di sini

- Certificate of Admission : ini bukti bahwa kamu memang sekolah di sekolah tersebut.

- Surat Keterangan Kantor : berisi pernyataan atasan kita bahwa kita (nama, posisi, dan no paspor) memang bekerja di perusahaan tersebut dan berencana ke Korea untuk tujuan sekolah mulai dari bulan sekian sampai bulan sekian. Semua biaya selama kita di Korea akan ditanggung oleh kita sendiri. Dan perusahaan menjamin bahwa kita tidak akan mencari pekerjaan di Korea selama masa studi tersebut.

- Akta Kelahiran : fotocopy

- KTP : fotocopy

- Paspor : asli dan fotocopy

- Kartu Keluarga : fotocopy

- Foto berwarna 4 x 6 ( 2 lembar ) : yang ini sebenarnya agak rancu.. saya fotonya dengan latar belakang warna putih, dan ukuran foto yang saya serahkan adalah 3 x 4 (saya waktu itu bawa berbagai ukuran foto). Saya serahkan 3 x 4 karena ukurannya menurut saya paling cocok ukurannya untuk ditempel di formulir aplikasi visa :P

- Rekening koran bank selama 3 bulan terakhir (dilegalisir / stempel Bank tersebut) : karena yang membiayai studi saya adalah orangtua saya (pernyataan ini ditulis di form aplikasi visa), jadi rekening koran bank orang tua lah yang saya serahkan.

- Surat referensi bank : ini juga sama, bank tempat orang tua saya menabung itulah yang menerbitkan surat referensi.. Isi surat referensi menyatakan bahwa nasabah telah menjadi nasabah bank tersebut selama berapa tahun dan nilai tabungan nasabah saat surat referensi tersebut dibuat. Serta tujuan surat referensi bank tersebut dibuat adalah untuk aplikasi visa.

- Uang : untuk student visa (D-4) single entry seperti saya, biayanya Rp 450,000 (tanggal 11 Agustus 2011)

Kalau sudah lengkap semua, silahkan datang ke konsuler :
South Korea di The Plaza Tower Lt. 30, Jl. Thamrin Kav. 28-30 , Jakarta Pusat.
Ini gedungnya tepat di samping Plaza Indonesia (ada akses langsung ke Plaza Indonesia juga kok).

Jangan lupa, datangnya pagi ya. Senin - Jumat.
Ambil nomor antriannya hanya diterima dari jam 8.30 pagi - 12.00 siang.
Picture Courtesy

Waktu itu saya apply (11 Agustus 2011) sudah dekat liburan, jadi rameee banget. Jam 10 pagi saya tiba, saya dapat nomor 70. Saya berhasil masukkan aplikasi saya di jam 14.30. Nanti akan diberikan tanda terima.. Jangan lupa disimpan baik-baik ya ! Di tanda terima ada ditulis tanggal berapa kemungkinan visanya selesai diproses. Punya saya ditulis tgl 22 Agustus 2011.

Di tgl 22 Agustus 2011 sekitar jam 11 siang, saya telepon ke konsuler (62-21) 2992-3030 dan menanyakan apakah visa saya sudah jadi (sebutkan nomor aplikasi visa yang tertera di tanda terima kamu). Bila sudah jadi, maka sudah bisa diambil :)

Waktu pengambilan Senin-Jumat, mulai jam14:00 sampai jam berapa saya lupa :P
Jangan lupa bawa tanda terima kamu ya :)

Good luck !

Update 2011-10-11 : Bila ingin tinggal di Korsel lebih dari 90 hari, jangan lupa daftarkan diri ke Korea Immigration Service setelah tiba di Korea ! Daftarkan diri dalam kurun 90 hari ^^
My Alien Registration Card (D-4).

19 comments:

  1. mba, kebetulan saya kan juga lagi mau bikin visa d-4 dan sekarang lagi nunggu admission letternya keluar. googling-googling, eh ketemu blognya mba. hehe. saya mau tanya mba, itu persyaratannya yang tabungan, apakah minimal harus 10.000USD? soalnya saya googling di internet banyak yang bilang gitu. waktu mba apply gimana mba? thanks beforehand, mba :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Aduh sudah lama banget saya sudah lupa nih >.<
      Waktu itu ingatnya pakai rekening mama saya + lampirkan Kartu Keluarga.
      Waktu itu saya lampirkan beberapa rekening koran mama saya sih, cari yang bagus2 hehe. Tapi seingat saya enggak sampai USD 10,000 deh. Ingat2 kayaknya dulu waktu saya sendiri browsing2 cari info, ada yang bilang sekitar USD 3,000 atau USD 5,000 saya lupaaa

      Sorry enggak banyak bantu T_T

      Delete
    2. hoo iya mba, saya baca-baca lagi persyaratan visa d-4 di webnya snu katanya minimal 3,000,000KRW. berarti sekitaran 3,000USD mungkin ya. hehe gapapa mba, jawaban mba meyakinkan saya kalo ga sampe 10,000USD hehe. thank you so much \O/

      Delete
    3. ah iya, kayaknya iya deh sekitar usd 3,000 :)
      Have fun ya nanti di Korea :)

      Delete
    4. huhu iya, mba. panic attack sih sekarang lagi nungguin admission letternya aaaaak. masih nunggu februari takut ga sempet bikin visanya huhuhuhuhu

      Delete
    5. Cepet kok bikin visa korea. Enggak usah panik, ok :)
      Cuma 3 hari kalau tidak salah.

      Delete
    6. huhu iya, mba. thank you so much lo mba uda mau direcokin sama saya hehe

      Delete
    7. oh ya mba, admission letternya itu nanti akan otomatis dikirim ke rumah kita masing-masing atau kita harus minta dulu sama mereka biar dikirimin?

      Delete
    8. Nanti dikirim ke alamat kita :)
      Tapi memang agak deket waktunya baru dikirim. Tapi enggak usah khawatir karena apply visa tidak susah kok ^^

      Delete
    9. mba, visa saya udah jadi! huhu. thanks ya mba bantuannya selama ini :')))
      ada yang saya bingung tapi mba. itu saya tulis di aplikasi 6 bulan tinggal di sana (karena saya juga langsung bayar buat 2 semester tuition fee). tapi di visanya expired sampe bulan mei. nah itu nanti kita renew di sana lagi gitu ya, mba? apa gimana?

      Delete
    10. hehe congrats! saya gak bantu apa2 kok hehe.

      visanya D4 kan ya? Trus di period of sojourn-nya tulisnya berapa ? karena expirynya biasa gak tulis bulan, tulisnya 06M ( 6 months) gitu2.

      Mungkin yang tulis bulan Mei itu batas terakhir kamu masuk Koreanya (entry date). Coba di cek sekali lagi dulu ya :)


      Delete
    11. OH! HAHAHAHAHAHAHAHA aduh aku kok bego banget, mba. jadi selama ini aku ngira final entry date itu tanggal expirednya visa. aduh malu. tuh kan mba kalo ngga ada mba mungkin aku uda ke kedutaan kali ini, komplain (dan kemudian mempermalukan diri sendiri). hehe thanks ya, mba :* :*

      Delete
    12. hehehe gak lah , namanya pertama x ;)
      selamat ya atas keluarnya visa Korea hehehe

      Delete
  2. Mba mau tanya prsyaratan.y mesti ada booking tiket gga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Waktu itu saya sih tidak pakai tiket. Apalagi udah ada Certificate of Admission yang jadi bukti bahwa memang kamu akan stay di Korea sekian lama untuk tujuan sekolah :)
      Tapi kalau kamu ragu, boleh cek sekali lagi telepon saja ke konsuler di (62-21) 2992-3030 untuk pastiin jadi bisa tenang dan yakin. ^^

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Halo..saya mau tanya mengenai periode Sojourn visa 90 hari adalah 90 hari dari hari kita masuk ke Korea kan?
    Tanggal expired visa merupakan hari terakhir kita boleh masuk ke Korea?

    Mohon bantuannya soalnya gak yakin hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga :)
      Iya periode sojourn 90 hari adalah masa berlaku visa kita, terhitung 90 hari mulai dari hari kita masuk ke korea

      Iya di bawah ada tanggal latest entry date ke Koreanya jadi sebelum tgl itu sudah harus masuk ke Korea

      Moga2 membantu :)

      Delete
  5. I very sad because your South Korean Visa picture was misused by fucking shit Visa-Vietnam. Proof https://www.visavietnam.gouv.vn/wp-content/uploads/2015/01/Pourquoi-citoyens-de-Togo-qui-choisissent-de-Vietnam-visa-%C3%A0-larriv%C3%A9e.jpg Screw you Visa-Vietnam website!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete